Bukit panguk kediwung, wisata sunrise di kota Jogja No ratings yet.

Bukit-Panguk-Kediwung

Bukit panguk kediwung merupakan lokasi wisata Jogja untuk menikmati sunrise dengan pemandangan lautan kabut atau orang biasa bilang “negeri diatas awan”.

Awalnya merupakan kebun milik warga yang ditanami pohon jati. Dimana dari area bukit ini kita bisa melihat pemandangan perbukitan-perbukitan nan hijau dan aliran sungai oya dibawahnya.

Seperti dilangsir dari Tribun.com, jika datang pagi sekitar jam 4 dari kota Jogja, kita bisa menikmati sunrise dan lautan kabut yang sangat indah.

Perjalanan ke Bukit Panguk Kediwung

Bukit-Panguk-Kediwung
Sunrise di Bukit Panguk Kediwung

Perjalanan menuju Bukit panguk Kediwung dari kota Jogja kurang lebih memakan waktu 1 jam perjalanan.

Rute tercepat menuju Bukit Panguk adalah melalui jalan imogiri timur dilanjut ke jalan imogiri – Dlingo. Dari arah Jogja kota ambil ke daerah makam raja Imogiri.

Pada awal buka akses jalan menuju desa Kediwung tidak sebagus sekarang. Aspalnya dulu banyak yang sudah rusak. Dilokasinya, dulu sebelum di cor block seperti sekarang, masih tanah merah. Pada saat hujan tanah akan menempel dialas kaki.

Harga tiket masuk bukit panguk kediwung mulai tahun 2017, 2018 sampai 2019 saat ini

Harga tiket masuk ke Bukit Panguk Kediwung pada tahun 2017 sampai 2019 saat ini adalah Rp 2.500 per orang. Pada awal buka tiket masuk cukup membayar sukarela. Disediakan box tempat untuk menaruh uang sebagai dana perawartan dari pengunjung.

Setelah banyak pengunjung, akhirnya dari Pemerintah membuat perda untuk tiket masuk kawasan wisata di Kecamatan Dlingo dikenakan retribusi RP 2.500 termasuk retribusi masuk ke Bukit Panguk.

Selain tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya spot sebesar Rp 3.000 per orang untuk Spot foto yang terbuat dari kayu.

Sedangkan harga spot foto yang baru di Bukit Panguk Rp 5.000 berupa Spot foto kolam berbentuk Love hati yang dicat dengan warna biru

Spot baru di Bukit Panguk Kediwung
Spot baru Bukit Panguk Kediwung

Konsep Spot foto ini nantinya akan diisi air dan dijadikan kolam untuk berenang dengan kapasitas 4 – 5 orang.

Saran terbaik untuk mendapatkan foto yang instagramable disini, datanglah pagi hari jam 04:00 dari Jogja kota.

Jam buka bukit Panguk kediwung jam 04:00 sampai jam 18:00. Buka pagi karena memang disini spesial moment indah untuk menikmati sunrise dan lautan kabut yang menutupi sungia Oya serasa berada di negeri diatas awan.

Selfie di Spot foto Bukit Panguk
Sunrise Bukit Panguk Kediwung

Ketinggian bukit ini dari sungai Oya kurang lebih 10 meter. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan indah terutama sunrise dengan view alam perbukitan dab sungai Oya.

Jika ada yang pengen camping disini juga disediakan area untuk camping sembari menunggu sunrise. Tenda dan peralatan membawa sendiri. Cukup membayar sewa tempat untuk mendirikan tenda camping sebesar Rp 20.000 per tenda.

Penginapan terdekat dari Bukit panguk kediwung kurang lebih berjarak 3 kilometer. Nama penginapannya Home Stay Family 96 Mangunan. Lokasinya berada di jalan masuk menuju Kebun Buah Mangunan dari jalan raya Dlingo-Playen. Atau sebelum pertigaan Pintu gerbang Kebun buah Mangunan.

Saran terbaik untuk bisa menikmati sunrise di Bukit Panguk Kediwung yang indah disini dengan budget murah adalah dengan sewa tenda di kota Jogja dengan harga Rp 45.000 per tenda bisa untuk 4 orang. Kemudian berangkat sore sehabis magrib menuju Bukit panguk.

Peta Bukit Pangkuk dari Google Map

Wisata Jogja lain terdekat

Jika kamu habis jalan-jalan ke Bukit Panguk, kamu bisa mampir ke wisata Jogja lain disekitar yang tak kalah indah. Berikut beberapa wisata Jogja yang dekat dari Bukit Panguk Kediwung

1. Bukit Mojo

Bukit Mojo
Bukit Mojo

Bukit Mojo adalah sebuah perbukitan dengan view sungai Oya dan terdapat spot foto yang instagramable.

Rute lokasinya, setelah Jurang tembelan masih turun kurang lebih 2 kilometer. Nanti akan ada papan petunjuk arah dan baliho besar dengan foto-foto Bukit Mojo

2. Watu mabur

Watu mabur merupakan wisata di Jogja yang semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karena di lokasi ini mempunyai area camping ground yang luas dan pemandangan alam yang mempesona.

Lokasinya berada sebelum pintu masuk ke desa Kediwung belok kiri. Jarak antara Watu mabur dengan Bukit Panguk kurang lebih 1 kilometer.

Spot foto yang ada disini beberapa rumah kayu dan jalan raya yang menjorok ke jurang

3. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan
Jurang Tembelan

Jurang tembelan Kanigoro merupakan wisata Jogja yang memiliki ciri khas spot untuk foto berbentuk kapal.

Selain spot foto berbentuk kapal, spot lain di berbentuk love dan spot selfie di pinggir jurang.

4. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan adalah pelopor pariwisata di Kecamatan Dlingo. Kurang lebih mulai dibuka pada tahun 2014 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kebun buah Mangunan juga dikenal sebagai Negeri diatas awan selain Bukit Panguk Kediwung. Karena disaaat subuh tiba, pemandangan sungai oya yang berada dibawahnya tertutup kabut tebal yang menambah indah viewnya.

Tips dan Trik sebelum berwisata di daerah Dlingo:

  1. Datanglah lebih pagi untuk mendapatkan lautan kabut dan sunrise.
  2. Jika datang pagi, sebaiknya mengajak beberapa teman karena waktu masih gelap
  3. Siapkan bekal minimal air mineral untuk diperjalanan
  4. Bawa kamera DSLR atau Mirrorless serta tripod untuk hasil foto yang bagus

Itulah artikel mengenai Bukit panguk kediwung, wisata sunrise di kota Jogja. Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke sini? Bisa Hubungi admin di Whatsapp dengan Klik tombol dibawah

Please follow and like us:
error0
Bukit Panguk Kediwung
  • Bukit Panguk Kediwung
5

Bukit Panguk Kediwung

Kemarin ke Bukit Panguk Kediwung pagi-pagi buta. Jam 4 dari hotel. sampai lokasi pas jam 5. Alhamdulillah dapat sunrise dan lautan kabut. indah banget

Sending
User Review
5 (1 vote)

Tolong nilai ulasan ini

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Facebook
Instagram
Follow by Email
YOUTUBE
Telegram
WeChat
WhatsApp chat