Info Kalibiru: Harga tiket masuk, penginapan murah terdekat, rute menuju Kalibiru No ratings yet.

Wisata Kalibiru

Kalibiru menawarkan pemandangan alam nan indah dah harga tiket masuk wisata yang murah. Itulah kenapa merupakan objek wisata Jogja ini bisa dijadikan salah satu alternatif destinasi saat berliburan di kota Jogja.

Lokasi Kalibiru berada di ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Dengan dikelilingi Hutan Kemasyarakatan dan dekat dengan Waduk Sermo.

Akses jalan pada waktu pertama dibuka masih kecil dan menanjak berkelok. Sehingga untuk mencapai ke lokasi wisata, kita akan di bantu oleh warga yang berada disetiap sudut jalan. Mereka akan mengatur buka tutup jalan bergantian antara mobil yang akan naik dan yang akan turun.

Alamat dan akses lokasi ke Kalibiru

Alamat wisata alam Kalibiru berada di dusun Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Rute menuju objek wisata ini dari pusat kota Jogja, Malioboro ada 2 rute. Pertama melalui Jalan Godean dan yang kedua bisa melalui Jalan Nasional atau jalan Wates.

Transportasi umum untuk menuju objek wisata Jogja Kalibiru tidak ada. Saran untuk anda yang berasal dari kota Jogja untuk menuju lokasi wisata ini adalah dengan sewa mobil Jogja dengan cara hubungi kami dengan klik Tombol Whatsapp dibawah.

Jarak tempuh untuk bisa menuju wisata alam Kalibiru kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Jogja, Malioboro. Atau kurang lebih 1 jam sampai 1.5 jam perjalanan.

Menurut kami, Rute tercepat untuk menuju wisata alam ini adalah melalui jalan Wates.

Rute menuju Kalibiru dari pusat kota Jogja, Malioboro via jalan Wates:

Pertama-tama arahkan kendaraan kita ke arah kawasan 0 kilometer (Perempatan Bank BNI dan Kantor POS pusat). Kemudian belok kanan ke jalan KH Ahmad Dahlan, lurus terus sampai di perempatan lampu merah Parkiran Ngabean.

Dari perempatan masih lurus terus melewati jalan Jogja- Wates hingga sampai di pertigaan lampu merah Gamping. Masih lurus terus di Jalan raya Nasional (Jalan Jogja-Wates) sejauh 24 kilometer hingga sampai di perempatan lampu merah Patung tugu Kuda Nyi Ageng Serang Wates Kulon Progo.

Dari Tugu Patung Kuda Nyi Ageng Serang, belok kanan ke jalan Brigjen Katamso sebelum Stasiun wates belok kanan hingga sampai di jalan tentara Pelajar dan Alun-alun kota Wates. Dari Alun-alun kota Wates masih lurus ke barat ke Jalan Rumah Sakit RSUD Wates.

Dari RSUD Wates, ikuti jalan Sermo-Kokap lurus sejauh 8 kilometer. Patokanya adalah kita akan sampai di Waduk Sermo.

Dari Waduk Sermo, ikuti petunjuk arah yang akan menuju ke Wisata alam Kalibiru.

Sejarah Kalibiru

Awal mula kenapa dibuat tempat wisata Kalibiru adalah karena seringnya penebangan pohon di Hutan Negara yang dilakukan warga disekitar perbukita Menoreh.

Puncaknya adalah pada tahun 1997 hingga tahun 2000 banyak penebangan liar dikarenakan kurangnya kontrol oleh pemerintah pada waktu itu. Sehingga mengakibatkan lahan kering dan mata air menurun, sering terjadi longsor, dan banjir.

Seperti dilangsir dari wikipedia.org, “Puncak dari kerusakan hutan terjadi pada saat terjadi krisis global (1997 – 2000), di mana kontrol Pemerintah terhadap sumberdaya hutan betul-betul lemah, sehingga banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini untuk melakukan pembalakan liar. Akibatnya terjadi penebangan secara besar-besaran di kawasan ini, dan hanya menyisakan sebagian kecil tanaman kayu hutan”.

Hingga pada tahun 1999 dan 2000 beberapa orang pecinta lingkungan dan warga yang kritis akan keadaan sosial lingkungannya sepakat untuk mengembalikan fungsi Hutan Negara.

Dengan dibantu LSM yayasan Damar, warga bergerak untuk membentuk Kelompok tani yang terdiri dari 3 Desa 2 Kecamatan.

Pada tahun 2003, Kelompok tani sudah mulai berbadan hukum dan boleh mengelola Hutan Negara.

Pada Tahun 2009, beberapa Hutan yang masuk dalam Status kawasan hutan lindung tidak boleh dilakukan penebangan pohon. Hingga akhirnya Kelompok tani yang tergabung melakukan pertemuan dan musyawarah untuk membuat Hutan Negara bisa digunakan untuk wisata.

Wisata Jogja Kalibiru
Panorama pemandangan alam di wisata Jogja Kalibiru

Jam buka Operasional

Ada beberapa informasi yang perlu anda ketahui sebelum berwisata ke Kalibiru. Yaitu mengenai jarak tempuh dari pusat kota Jogja dan Wisata lain terdekat.

Tujuannya adalah supaya anda bisa mengatur jadwal berwisata dengan rute tujuan destinasi lainya yang anda inginkan.

Seperti diinfokan diawal, perjalanan menuju objek wisata ini adalah kurang lebih 1 jam lebih. Atau menempuh jarak 40 kilometer.

Sedangkan objek wisata lain terdekat dari Kalibiru adalah beberapa Spot atau objek yang konsepnya sama dengan yang ada di wisata alam Kalibiru. Yaitu Spot selfie dan gardu pandang.

Beberapa objek wisata dekat dari Kalibiru adalah Waduk sermo, Pulepayung, dan Mata Air Sungai Mudal serta Air terjun Kedung Pedut.

Jam buka operasional wisata alam Kalibiru adalah pada pukul 08:00 sampai pukul 17:00

Waktu terbaik berwisata kesini adalah pada pagi hari atau sore hari. Karena pada waktu tersebut, cuaca tidak begitu panas dan masih berasa sejuk

Harga Tiket masuk wisata alam Kalibiru

Perlu diketahui, bahwa kebanyakan objek wisata yang ada di kota Jogja menerapkan tiket masuk yang sangat murah. Begitu juga tempat wisata yang ada di Kabupaten Kulonporogo.

Dengan harga tiket masuk yang murah, setiap tahunnya pengunjung wisata alam di Kalibiru meningkat. Melonjaknya pengunjung terjadi pada tahun 2016. Berikut grafik pengunjung yang kami dapat dari situs javlec.org:

Grafik pengunjung Kalibiru
Grafik pengunjung Kalibiru setiap tahun

Harga retribusi tiket masuk ke kawasan wisata alam Kalibiru adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk spot foto atau gardu pandang.

Fasilitas yang ada

Fasilitas umum penunjang wisata di objek wisata ini adalah:

  1. Area parkir kendaraan yang luas
  2. Mushala
  3. Warung makan warga
  4. Aula pertemuan
  5. Penginapan
  6. Spot foto
  7. Flying fox
  8. Rute jalan Dunhill (Sepeda Gunung)
  9. Jeep Menoreh

Harga Spot foto di Kalibiru

Wisata Kalibitu mengendalkan spot gardu pandang untuk foto dengan latar belakang perbukitan Menoreh dan Waduk sermo.

Dari ketinggian 450 mdpl, kita bisa melihat luas pemandangan alam nan indah dan memanjakan mata.

Memang untuk menuju wisata alam ini, kita butuh tenaga ekstra karena jalannya yang nanjak dan berkelok. Namun, sesampainya dilokasi, kita akan dimanjakan oleh pemandangan alam nan hijau dan asri.

Untuk harga Spot foto di Objek wisata alam Kalibiru mulai rp 10.000 sampai 30.000 per orang per spot. Harga tersebut belum termasuk biaya jasa foto.

Sedangkan harga biaya jasa foto disini adalah Rp 5.000 per file foto yang kita ambil. Jadi, dari sekian foto yang di ambil oleh petugas, kita dipersilahkan untuk memilih foto terbaik yang akan kita ambil.

Jika kita sudah membawa kamera sendiri juga dipersilahkan untuk dipergunakan untuk foto.

Berikut beberapa Foto Spot yang ada di Kalibiru:

Spot Rumah pohon 1

Wisata Jogja Kalibiru Kuonprogo
Spot gardu pandangan di Kalibiru

Spot Love

Spot Love
Foto berdua dengan pasangan di SPot Love Kalibiru

Spot Bunga

Spot bunga
Romantis bersama pasangan foto diatas Spot bunga

Spot Oval

Kalibiru
Bersama kawan foto bersama di SPot Kalibiru

Spot Panggung

Kalibiru Kuonprogo Jogja
Spot panggung ini cocok untuk rombongan banyak

Penginapan terdekat dari Kalibiru

Jika anda dari luar kota Jogja dan menginginkan berwisata di objek wisata kalibiru, anda bisa menginap di Homestay yang sudah disediaan.

Nama penginapan terdekat dari objek wisata ini adalah Homestay Munggang. Terdapat 2 pilihan kamar dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, masih banyak homestay penginapan lain diseitar Waduk Sermo yang juga bisa menjadi alternatif untuk istirahat dan menginap.

Wisata lain terdekat

Jika anda hendak berwisata, liburan ke Kalibiru dan Kulon Progo, sebaiknya anda juga mencari informasi wisata lain terdekat. Supaya liburan anda maksimal dan mendapatkan beberapa objek wisata dalam 1 hari.

Berikut beberapa Objek wisata lain terdekat dari Kalibiru:

  1. Pule payung
  2. Canting mas Puncak Dipowono
  3. Taman Bambu Air Waduk Sermo
  4. Jangkang Hill (Bukit Jangkang)
  5. Taman Sungai Mudal
  6. Air terjun Kedung Pedut

Paket Wisata Jogja ke Objek wisata Kalibiru

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Kalibiru? Jika anda hendak berwisata kesini, kami memiliki Paket wisata Jogja yang lengkap dengan destinasi banyak ke beberapa objek wisata disekitar Kalibiru.

Anda bisa menghubungi kami dengan Klik Tombol Chat Whatsapp dibawah untuk bertanya dan order Paket Wisata Jogja lainya.

Jangan lupa untuk kasih rate bintang 5 jika artikel ini membantu dan bermanfaat

Please follow and like us:
error0
4.8

Kalibiru

Wisataalam yang indah. Kemarin ke Kalibiru sekalian ke Pulepayung. Ya walaupun banyak spot foto yang sama. Namun masing masing ada yang beda. Tapi sama-sama indah dan cocok buat selfi heheheheh

Sending
User Review
5 (1 vote)

Tolong nilai ulasan ini

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Facebook
Instagram
Follow by Email
YOUTUBE
Telegram
WeChat
WhatsApp chat